Dreaming About Become A Soccer Club Manager??

Sepakbola memang olahraga yang paling digemari di dunia. Banyak sekali kita mengenal klub-klub sepakbola terkenal semisal Bracelona, Manchester United, AC Milan, dan masih banyak lagi. Banyak anak-anak yang bercita-cita untuk menjadi pemain sepakbola terkenal. Namun jangan pikir di sepakbola hanya pemain yang memiliki peran penting. Staf kepelatihan dan pengurus klub juga sangat penting karena merekalah yang menyediakan fasilitas latihan dan menjadwalkannya. Dan yang paling penting adalah seorang Manager atau pelatih suatu klub karena di tangannya lah pemain-pemain di dalam klub dilatih dan Manager merupakan orang yang mengatur strategi permainan saat bertanding

Dan karena sadar akan hal itu, maka para pembuat game dari Eidos dan BGS menciptakan game menjadi seorang manager klub sepakbola yang bernama Championship Manager.

Seperti sudah disebut pada awal, di dalam game ini kita dapat menjadi seorang manager yang mengatur dan melatih sebuah klub sepakbola. Disini kita memiliki kewenangan dalam klub seperti kenyataan, seperti mengatur jadwal latihan, membeli pemain, dan tentunya mengatur strategi dan memilih pemain untuk melakoni sebuah pertandingan.

Tujuan dari game ini adalah kita disuruh untuk memberikan prestasi yang setinggi-tingginya terhadap klub yang kita latih. Jika prestasi klub menurun, bahkan hancur, maka bisa saja kita dipecat. Oleh karena itu dibutuhkan kejelian untuk memenangkan setiap pertandingan klub kita.

Untuk memulai permainan, kita diberi kebebasan untuk memilih klub yang mau kita latih, boleh tim besar, bahkan klub kecil yang tidak terkenal pun tersedia. Setelah memilih klub, maka kita akan langsung mempunyai kewenangan untuk melatih klub tersebut, dimana biasanya cerita dimulai pada awal musim, sekitar bulan Juli. Dari awal sini maka kita mulai mengatur jadwal latihan, memilih pertandingan persahabatan, menyiapkan staf kepelatihan, dan tentunya membeli & menjual pemain. Pada awal musim baru, petinggi klub akan memberi budget dana untuk membeli pemain dan staf pelatih. Budget tersebut tentunya berbeda bagi klub kecil dan klub besar. Selain dari budget pemberian petinggi klub, kita juga dapat menjual pemain untuk mendapatkan dana belanja sendiri. Disini dibutuhkan kejelian dalam membeli dan menjual pemain sesuai kebutuhan klub dan kesesuaian dengan strategi yang akan diterapkan. Untuk mencari pemain bertalenta, kita dapat menggunakan jasa Scout. Disinilah salah satu hal menarik dari game ini, yaitu kita dapat menemukan talenta-talenta yang belum terkenal sehingga kita dapat membelinya dengan harga murah walaupun kemampuannya mungkin setara, bahkan melebihi pemain yang sudah terkenal dan berharga mahal.

Bila musim pertandingan sudah berjalan, maka disitu dimulailah perjuangan untuk menjadikan klub yang kita latih menjadi klub nomor 1. Untuk bermain ini dibutuhkan kemampuan seperti layaknya manager asli, yaitu pandai dalam mengatur strategi dan memilih pemain, lalu merotasi pemain bila kelelahan dan cedera, serta dapat memilih dengan bijaksana pemain pengganti saat pertandingan berjalan.

Bagi penggemar bola, game ini pasti akan sangat menarik karena data-data pemain yang tersedia benar-benar merupakan kenyataan, dan statistik kemampuannya merupakan hasil dari pengamatan tim pembuat game ini, sehingga cukup valid data yang ada.

Memang masih ada sedikit kekurangan dari game Championship Manager ini, yaitu grafik pertandingannya yang belum 3D. Sangat disayangkan karena beberapa game serupa sudah menyediakan format 3D untuk menonton pertandingan. Namun selain hal tersebut, CM cukup memuaskan, terutama karena banyaknya data pemain yang tersedia dan cukup realistis.