Sometimes Farmer’s Life Is Wonderful Too

Terkadang bila melihat kondisi kehidupan petani-petani di Indonesia yang nampak adalah suatu keadaan yang “miris”. Hidup mereka mayoritas hanya berkecukupan, bahkan dapat dikatakan agak kekurangan karena disini profesi petani dipandang sebelah mata, padahal dari hasil kerja merekalah kita orang-orang Indonesia dapat makan nasi, jagung, sayur-sayuran, dan masih banyak lagi.

Namun, di dalam game Harvest Moon, kehidupan petani tampak sungguh menyenangkan dan damai. Memang settingnya adalah di luar negeri, tetapi tetap saja tampak suasana hidup yang tenang dan damai.

Game PS2 Harvest Moon: A Wonderful Life menyajikan suatu sudut pandang berbeda dalam kehidupan, dimana pemain dapat mencoba merasakan hidup sebagai petani yang tinggal di desa yang sejuk, damai, ramah penduduknya, pokoknya indah lah.

Berbeda dengan beberapa versi Harvest Moon yang lainnya, Harvest Moon: A Wonderful Life tidak membebani pemain dengan target-target dan batas waktu bermain yang kadang kurang mengenakkan bagi pemain. Di versi ini kita bebas melakukan apa saja, seperti berjalan-jalan, memancing, ramah tamah dengan penduduk desa. Namun tetap saja sebagai petani pemain harus menjalankan aktivitas wajib untuk bercocok tanam dan memelihara hewan-hewan ternak. Tentu saja untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan pemain.

Selain itu tentu saja yang tidak boleh dilupakan adalah mencari calon istri. Hal ini sangat penting karena pilihan pemain akan siapa calon istrinya dapat mempengaruhi masa depan dan kelanjutan game ini. Di desa Forget-Me-Not Valley, ada 4 cewek yang dapat dipilih sebagai calon istri. Setiap cewek memiliki kegemaran masing-masing yang berbeda, dan pemain harus tahu apa yang disukai oleh cewek yang diincarnya agar dapat meningkatkan level hati cewek tersebut sehingga mau untuk dinikahi. Cewek-cewek tersebut, diurutkan dari tingkat kesulitan, adalah: Muffy (anak pemilik bar), Celia (gadis petani), Nami (gadis tomboy), lalu Lumina (cucu pemilik Mansion di bukit). Untuk menikahi seseorang dari antara mereka, pemain harus membuat 4 hati merah pada gadis itu, lalu memberikan Blue Feather untuk melamar.

Sebenarnya di versi ini terdapat beberapa bagian jalan cerita, dimana setelah satu tahun bermain, maka pemain memasuki bagian cerita baru, dimana pemain sudah memiliki anak dari istrinya. Selain itu ada beberapa perubahan di rumah pemain dan beberapa penduduk pindah dan masuk desa.

Untuk bagian selanjutnya silahkan dilihat sendiri dengan memainkannya.

Happy Farming…